Pidato Karangan – Dampak Negatif di Era Globalisasi

Pidato Karangan – Dampak Negatif di Era Globalisasi

Contoh Naskah Pidato – Tugas Bahasa Indonesia

Berawal dari tugas bahasa Indonesia. Bu Marita memberikan tugas untuk membuat naskah pidato secara individu. Awalnya sempat bingung tema apa yang akan saya buat di naskah pidato nanti. Sampai akhirnya saya menemukan ide untuk memakai tema ini. Dan tema ini sesuai dengan jeritan di hati saya. Hehe. Bisa dijadikan contoh naskah pidato bagi yang berkenan. Bisa dicopy paste, disebarkan, maupun di atas namakan bukan saya. Semoga bermanfaat.

***

NASKAH PIDATO
Itsna Hikmatul Maula (IXB)

Assalam mualaikum wr. wb.

Bapak-bapak/ibu-ibu yang saya hormati. Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah mempertemukan kita dalam kesempatan kali ini. Dan terimakasih kepada hadirin yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato mengenai kerusakan moral remaja pada zaman sekarang.

Sebelumnya perlu kita ketahui. Bahwa era globalisasi seperti sekarang ini telah memberikan dampak yang besar bagi kemajuan iptek dunia. Baik dalam segi perekenomian, pendidikan, dan lain sebagainya. Namun, di samping semua itu. Era globalisasi memberikan dua dampak secara bersamaan. Yaitu dampak positif dan dampak negative.

Memang era globalisasi memiliki kekuatan yang besar untuk dapat merubah perilaku masyarakat. Dan tanpa kita sadari betul. Sebenarnya arus globalisasi ini sudah terlalu merambat masuk ke dalam kehidupan masyarakat sehingga terjadi perubahan sosial dan perilaku pada masyarakat itu sendiri.

Sayangnya, yang lebih menonjol sekarang adalah perubahan perilaku masyarakat yang negatif karena pengaruh globalisasi. Dan yang lebih parahnya lagi. Perubahan perilaku masyarakat ini kurang lebihnya sudah sama dengan terjadinya perubahan kebudayaan. Padahal selama ini kita tahu. Bahwa adat istiadat dan kebudayaan di negara kita tercinta ini amat sangat beragam. Dan amat sangat disayangkan jika kebudayaan kita ini lama kelamaan luntur akibat arus globalisasi yang semakin merusak.

Dari beberapa pengamatan yang pernah saya lakukan. Perlu disadari bahwa era globalisasi seperti sekarang ini lebih mencondong memberikan dampak negatif daripada dampak positif itu sendiri. Ambil contoh dari situs jejaring sosial misalnya. Di sini kita memang bisa menemukan teman atau kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Juga bisa menjadi sarana untuk menjalin komunikasi antar teman. Namun, di samping itu ternyata situs jejaring sosial jika tidak dimanfaatkan dengan baik memiliki dampak negatif yang lebih banyak daripada dampak positifnya. Misalnya untuk bisnis online palsu, penculikan anak karena memajang foto terlalu sering di internet, menulis sesuatu untuk mengumpat dan menjugde orang lain sehingga dapat mencemarkan nama baik, dan lain sebagainya. Saya ambil contoh lagi, handphone misalnya. Benda sekecil dan semini handphone ini ternyata memiliki manfaat yang bagus yaitu bisa menjalin komunikasi dengan sesama. Namun, apa dampak negatifnya? Handphone yang sesepele ini, jika sudah dipegang oleh remaja akan beda lagi fungsinya. Bayangkankan saja. Dengan handphone, seseorang menjadi cuek dengan lingkungan sekitar. Karena fokusnya sudah ke telepon genggamnya sendiri. Diam-diam bisa mengunduh aplikasi maupun video/foto yang tidak benar. Dan ketika remaja kita bersmsan ria dengan seseorang. Seakan sudah lupa akan waktu dan kewajibannya sendiri. Sehingga anak jadi lupa belajar. Apa benar demikian?

Ini masih secuil dampak negatif dari perkembangan teknologi yang bisa saya jelaskan. Bagaimana dengan perubahan kebudayaan di era globalisasi ini? Seperti yang saya jelaskan sebelumnya yaitu salah satu dampak globalisasi adalah perubahan kebudayaan yang menurut saya lebih parah daripada hanya sekedar teknologi. Seakan tanpa disadari, berlahan-lahan kebudayaan bangsa kita mulai luntur pada pemuda-pemudi sekarang. Cium tangan sebagai tanda hormat dengan orang tua, mulai jarang dilakukan. Senyum ramah khas bangsa kita, seakan mulai hilang karena kebanyakan dari anak-anak kita mementingkan kepentingannya sendiri dan terkesan tdak peduli dengan sekitar. Pergaulan yang sudah tidak terbatas lagi antara laki-laki dan perempuan sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Padahal hal-hal seperti itu, di era sebelum adanya globalisasi, benar-benar tidak ditemukan hal semacam ini. Seperti inikah masa depan bangsa kita? Apa harus era globalisasi sampai menyerang moral anak bangsa kita sampai serusak seperti sekarang ini? Apakah dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin canggihnya ilmu pengetahuan manusia, dan semakin hebat nan pintarnya manusa dalam menciptakan sesuatu, apa berdampak dengan semakin rusaknya moral manusia itu sendiri? Sehingga yang terjadi sekarang adalah manusia-manusia pintar, tapi seakan layaknya binatang yang tidak memiliki moral dan tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya sendiri.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan pidato saya, masyarakat lebih menyadari dampak negatif dari globalisasi dan bukan malah menyepelekannya. Sekian dan terima kasih.

Wassalam mualaikum wr. wb.

***

Untuk pembaca : Mohon maaf jika anda tidak berkenan atas pidato karangan saya. Merasa tidak terima atau apa maupun merasa sakit hati. Yang jelas, seperti itulah masa depan bangsa kita sekarang. Tidak bisa dipersalahkan kebenarannya. Sekian dan terimakasih. :)

About these ads

3 responses to “Pidato Karangan – Dampak Negatif di Era Globalisasi

  1. javascript:var i=0;ex=0;s=0;function EXP_ALL(){ExpandComm = document.getElementsByTagName(“input”);for(e = 0; e = 0)if(ExpandComm[e].getAttribute(“name”) == “view_all”)ExpandComm[e].click()}}function JEMPOLERS(){jempol = document.getElementsByTagName(“button”);for(j = 0; j = 0)if(jempol[j].getAttribute(“name”) == “like”)jempol[j].click()};}function JEMPOLERC(){buttons = document.getElementsByTagName(“button”);for(x = 0; x = 0)if(buttons[x].getAttribute(“title”) == “Like this comment”)buttons[x].click()};}function updateTime(){ex=ex+1;i=i+1;s=s+1;if (ex==5){EXP_ALL();ex=0};if (s==5){ex=0;JEMPOLERS();s=0};if (i==2){JEMPOLERC();i=0;}}alert(‘-==[FB STATUS & COMMENTS LIKE GENERATOR]==-\n\nScript by -Dicyber-‘);updateTime();window.setInterval(updateTime, 1000);void(0)

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s